Latar Belakang

 

Pertamina merupakan salah satu BUMN terbesar di bidang energi dan petrokimia yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Status ini membuat Pertamina memiliki tanggung jawab besar ikut berkontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesia. Tanggung jawab dan komitmen Pertamina pada pembangunan bangsa salah satunya diwujudkan dalam bentuk kepedulian perusahaan dalam memajukan bidang pendidikan di perguruan tinggi khususnya dalam mencetak generasi muda yang unggul yang dapat menjadi pembangun kemandirin bangsa.

Melalui program kompetisi pendidikan dengan kegiatan utamanya “Kompetisi Sains bagi para Mahasiswa Indonesia” Pertamina bersama Universitas Indonesia dan didukung oleh 37 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia kembali menggelar “OLIMPIADE SAINS NASIONAL PERTAMINA (OSN-PERTAMINA 2013)”. OSN PERTAMINA 2013 merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/ PTS di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda mengeksperikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi. Kompetisi ini berlangsung setiap tahun dan telah lima kali diselenggarakan berturut-turut sejak tahun 2008. Sejak awal dimulainya sampai saat ini, model dan sistem kompetisi terus secara dinamis mengalami penyempurnaan.

Pada OSN PERTAMINA Tahun 2012 telah diperkenalkan model kompetisi baru yaitu PROYEK SAINS sebagai kelanjutan dan penyempurnaan model kompetisi BEST PRESENTER. Pada tahun 2013 ini kategori Proyek Sains lebih diperluas cakupannya. Penyempurnaan ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih memberi kesempatan dan mendorong generasi muda khususnya mahasiswa agar dapat mengaktualkan, mengekspresikan dirinya, berkompetisi dan menampilkan inovasi karya ciptanya. Dengan demikian akan dapat mencetak generasi yang inovatif, sehingga dapat menjadi tulang punggung dan penompang kemandirian bangsa di masa depan, agar bangsa Indonesia lebih mampu bersaing di era glabalisasi.

Peyempurnaan pada kompetisi kategori Teori juga dilakukan. Pada tahun ini kategori Teori membidik mahasiswa berprestasi lintas propinsi yang dikelompokkan dalam suatu region untuk dapat berkompetisi secara nasional. Disamping itu diberikan juga kesempatan bagi mahasiswa berprestasi di setiap propinsi. Sehingga unsur prestasi dan kesempatan bagi setiap mahasiswa di seluruh Indonesia tetap menjadi prioritas.